Rajin2lah basuh tangan, No Penyebab Cacingan

Pada minggu lepas, sewaktu bertugas di Ampang, seorang warga asing Islam keturunan Bangladesh telah datang ke klinik. Pada awalnya, saya menyangka anaknya yang berumur 4 tahun itu mengalami demam kerana wajahnya yang sugul dan letih. Setelah berkenalan sebeberapa ringkas, bapanya telah memberitahu bahawa 2 hari lepas ketika anaknya membuang air besar, anaknya ada memberitahu terjumpa beberapa ekor “ular” di dalam najisnya.

Bagai tidak percaya, bapanya sendiri melihat, dan mendapati beratus-ratus ekor cacing kecil yang bergumpal, sebesar bola golf keluar dari punggung anaknya. Saya dengan rasa gerun (anda tak gerun ke tengok cacing kelua dari punggung manusia?) pun memeriksa… betul kata si ayah… ada 6 ekor cacing halus (? Pinworm : Enterobius Vermacularis) menggeliut di sekeliling lubang dubur. Saya terus memakai sarung tangan, mengambil salotape dan melekatkannya di tempat cacing tersebut untuk mengalihkannya…. Apa pulak saya nak buat ngan cacing ni pagi-pagi buta ni (pukul 2 pagi)? Nak hantar kat lab… mana ada lab.. so saya pun buangnya ke dalam special bin… Saya cuba nak tunjuk kepada Member saya… tapi mereka menolak dengan penuh “sopan”… hehehe… tak pernah-pernah sopan macam tu…

Kecacingan adalah perkara yang agak lumrah di kalangan kanak-kanak… terutama yang selalu keluar rumah tak pakai selipar, makan itu dan ini yang tidak dimasak atau separa masak, terutama di kawasan rumah yang kurang bersih atau seperti kawasan setinggan atau laman yang bertanah.
Cacing-cacing yang popular di Malaysia (tak payah AFUNDI lah..🙂 :-

* Cacing gelang (Ascaris Lumbricoides) – besar macam gelang… boleh masuk hati dan paru-paru..
* Cacing kerawit (Necator Americanus) – ada gigi tajam tapi kita tak Nampak!… ia masuk melalui kaki.. kuat hisap darah
* Cacing rambu atau cacing benang – selalu melekat di kawasan dubur, halus
* Cacing pita – macam pita, pipih tapi panjang… susah nak dibunuh..

Antara tanda-tanda anak-anak yang kecacingan ialah (bergantung kepada jenis cacing) :-

* Keluar cacing daripada lubang najis, atau nampak cacing pada najis

* Kegatalangan terutama di kawasan punggung, lebih pada waktu malam
* Sakit perut, cirit-birit, lemah badan, kembung
* Tiada selera makan, pucat, kurang berat badan walaupun selera makan ada
* Batuk-batuk teruk yang berpanjangan, batuk berdarah, asthma (cacing di paru-paru)
* Demam, ruam-ruam badan, alahan
* Kaki gatal, sakit dan ruam pada kaki, bengkak kaki (untuk cacing kerawit)

Apa yang anda perlu buat :-

1. Jumpa doktor untuk mengambil ubat cacing
2. Semua ahli keluarga juga harus memakan ubat cacing ini termasuk ibu dan ayah
3. Potong kuku pendek
4. Basuh sayur-sayuran bersih, masak betul-betul terutama daging
5. Pakai kasut atau selipar ketika keluar rumah
6. Sekiranya ada haiwan peliharaan seperti kucing, periksa juga tapak kaki dan badan mereka
7. Amalkan membasuh tangan (anda dan anak anda), sebelum dan selepas makan.
8. Juga cuci tangan dengan sebersih-bersihnya selepas membuang air besar
9. Kerapkan membersih badan dan mencuci dubur untuk menghilangkan telur cacing yang ada

Ada 2 jenis ubat cacing

1. Albendazole/mebendazole
Ubat ini tidak diserap di dalam badan, jadi ia tinggal di dalam usus besar dan kecil . Ia menghalang sistem kemasukan glukosa yang di perlukan untuk tenaga oleh cacing. Oleh itu, cacing tidak dapat bergerak aktif dan mati kemudiannya

2. Pirantel Pamoate

Ubat ini juga tidak larut di dalam air. ubat ini akan melumpuhkan otot cacing dan menyebabkan cacing-cacing tertanggal dari dinding usus dan dikeluarkan bersama-sama dengan najis.

Oleh itu, kepada anda dan anak anda yang mepunyai masalah kecacingan atau mempunyai gejala-gejala di atas.. maka bolehlah datang ke klinik secepat mungkin… jangan jadikan anda mangsa cacing… dan khusus kepada kaki pancing yang tengah gian…. jangan jadikan “cacing anda” sebagai umpan… kua.. kua.. :

Makanan Mencegah ARTERIOSKLEROSIS

Arteriosklerosis (pengerasan pembuluh nadi memperbesar risiko orang terkena penyakit jantung koroner dan stroke. Dokter Foundry Hartono, ahli nutrisi, menulis tentang asam lemak omega 3, beberapa vitamin tertentu dan serat makanan yang mempunyai peranan dalam pencegahan arteriosklerosis.

Akhir akhir ini sering peranan asam lemak omega 3 untuk mencegah arteriosklerosis. Lemak tsb. terdapat dalam minyak ikan dan produk nabati tertentu, a.l. primrose oil. Serat makanan (dietery fiber) konon juga dapat mencegah arteriosklerosis dengan cara menghambat penyerapan lemak dalam usus. Namun, peranan vitamin B6, asam nikotinat (nikotinamide), vitamin C dan vitamin E kelihatannya belum banyak dibicarakan, meskipun beberapa dokter sudah memberi resep jenis jenis vitamin tersebut untuk pasien hiperlipidermia dan insufisiensi vaskuler. Baca lebih lanjut

KENDALIKAN STRES DENGAN MEDITASI.

Salah satu Cara untuk membuat stres jadi plong adalah dengan meditasi. Ada sejumlah aliran meditas! dan cara melakukannya.

Beban kerja yang berat, Persaingan bisnis yang ketat, lalu lintas yang padat, ataupun persoalan keluarga yang bikin penat dapat memicu timbulnya stres.Buntutnya, stres membuat kita merasa tertekan, marah,, frustrasi, atau sedih.

Para ahli menyebut stres yang berdampak buruk, merugikan, atau menyakitkan hati itu dengan distress. Karena efeknya negatif, orang pun berupaya untuk mengendalikannya. Menurut dra. lesye Widodo, S.Psi., psikolog pada RSAB Harapan Kita, Jakarta, pengendalian stres bisa melalui pertahanan fisik atau pertahanan mental. Pertahanan fisik bisa ditempuh dengar. Cara meningkatkan kesehatan (olahraga dan diet sehat), menikmati hidup (cukup tidur dan santai), serta merawat diri. Sedangkan pertahanan mental bisa melalui mekanisme yang dapat membantu mengatasi serta menemukan jaIan keluar dari situasi tegang. Atau, melalui relaksasi. Baca lebih lanjut

Dispepsia Bukan Hanya Radang Lambung

NYERI atau rasa tidak nyaman di perut atas umumnya di bawah tulang rusuk di atas pusar yang disertai kembung, sendawa berlebihan, rasa panas di dada, mual, muntah, dan napas berbau seringkali dianggap enteng. Biasanya penderita hanya minum obat bebas semisal antasida (penawar asam lambung) yang banyak diiklankan.

NAMUN, berhati-hatilah. Meski jarang, kumpulan gejala yang dikenal sebagai dispepsia itu bisa jadi merupakan penyakit senus seperti kanker lambung maupun radang lambung dalam yang bisa menyebabkan kebocoran saluran cerna. Baca lebih lanjut

SOTO JEROAN PEMICU GOUT

Artritis gout memang tidak mengancam Jiwa. Tapi kalau penyakit akibat tingginya kadar asam urat dalam darah ini sempat menyerang, penderita bisa mengalami cacat persendian tangan dan kaki. Supaya tidak teridap, soto jeroan dan kawan-kawannya perlu dihindari.

Tengah malam lwan tiba-tiba terbangun. Gara-garanya sendi ibu jari kaki kanannya terasa nyeri dan kaku. Kulit di atas sendi itu tampak membengkak kemerahan. Baru pertama kali pemuda berusia 20-an ini merasakan pengalaman seperti itu pada dirinya. Baca lebih lanjut

REMATIK SECARA. ALAMI

Mengusir penyakit satu ini bukan perkara mudah. Sampai saat ini, belum ditemukan -obat mujarabnya tanpa efek sampingan. Karenanya tidak ada salahnya dicoba obat rematik tetumbuhan Di antaranya jahe brotowali. Akar pepaya gantung dan gandarusa

Encok merupakan penyakit yang ditandai rasa nyeri pada tulang, sendi otot, dan jaringan sekitar sendi. Penyakit ini bukan akibat cuaca dingin atau mandi malam dengan air dingin, Namuni nyeri rematik bakal muncul bila seorang yang memang menderita penyakit ini mengalami perubahan suhu tubuh akibat cuaca atau air dingin tadL

Nyeri rematik sangat banyak ragam penyebabnya, Diantaranya kurang tidur sehingga terjadi penumpukan asam laktat, penggunaan sendi berlebihan yang membuat terjadinya peradangan, atau peradangan oleh sebab lain seperti terlalu banyak berjalan, turun-naik tangga, sering jongkok-berdiri atau sebab ain, kelebihan asam urat. Pada jaringan atau persendian, dan oleh infeksi virus, Penyakit ini tidak bisa disembuhkan secara total. Meski begitu banyak upaya yang bisa dilakukan untuk.mengurangi penderitaan akibat rematik, di antaranya dengan menghilangkan gejala nyerinya, dan menyembuhkan peradangan atau pembengkakan akibat rematik. Untuk itu biasanya digunakan obat antinyeri atau analgetik, antiradang atau antiinflamasi, di antaranya NSAID (nonsteroidal anti inflammatory drug), corticosteroid, dan SAARD (slow-acting anti-rheumatic drug). Baca lebih lanjut

Kesehatan Pencernaan di Usia 40 Keatas

Problema & Solusinya
Problerria Pencernaan Usia 40 Keatas..

Masalah kesehatan pencernaan sering diremehkan karena dianggap konsekuensinya tidak fatal seperti penyakit jantung koroner misalnya. Padahal gangguan pencernaan yang “sepele” seperti sulit buang air besar, jika, diabaikan berpotensi menimbulkan penyakit lain seperti wasir dan divertikulosis yang menyakitkan dan mengganggu aktivitas sehari hari, sampai dengan kanker kolon (usus besar) yang mematikan.

Sulit buang air besar (sembelit konstipasi)
Ditandai oleh frekuensi buang air besar yang tidak teratur dan perasaan tidak tuntas setelah buang air besar. Frekuensi buang air besar yang “normal” berbeda untuk setiap orang; umumnya lebih dari 3 kali seminggu.
Dengan meningkatnya usia, kesulitan buang air besar semakin sering terjadi. Selain karena fungsi pencernaan tubuh menurun, juga disebabkan aktivitas fisik yang semakin berkurang” serta pola makan yang kurang serat. Banyak yang kemudian mengandalkan obat pencahar. Padahal ini bisa menyebabkan ketergantungan, artinya tanpa obat tersebut, buang air besar menjadi semakin sulit. Baca lebih lanjut