Ani Yudhoyono Tinjau Taman Herbal Istana Cipanas

Ibu Negara Ani Yudhoyono, Senin (5/4/2010) pagi, akan meninjau taman tanaman herbal di kompleks Istana Kepresidenan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Taman Herbalia seluas 2.600 meter persegi yang berada di sisi timur istana itu memiliki 207 jenis tanaman herbal yang merupakan percontohan bagi pengembangan tanaman tersebut di dalam negeri.

Anggota tim dokter kepresidenan, dr Hardi Pranata Sps, mengatakan, pengembangan taman herbal di Istana Cipanas tersebut sejalan dengan program Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara untuk mengembangkan penggunaan dan penelitian tanaman herbal untuk pengobatan dan juga kesehatan.

“Penanaman herbalia di sini sesuai dengan keinginan Presiden pada 2008, yaitu jamu sebagai tuan rumah di negeri sendiri. Juga sebagai upaya melestarikan kekayaan natural dan sebagai wisata herbal,” katanya.

Hardi, yang juga Ketua Perhimpunan Dokter Herbal Indonesia menyatakan, langkah mengembangkan taman herbal juga berangkat dari anjuran Menteri Kesehatan pada 6 Januari yang mendorong para dokter mau memakai jamu dalam pengobatannya.

Direktur Obat Asli Indonesia Badan Pengawasan Obat dan Makanan dr Sherley Apt mengatakan, budidaya tanaman herbal tersebut akan terus dikembangkan.

“Kami kembangkan budidaya, selain menanam juga sebagai pusat percontohan, tidak menutup kemungkinan menjadi 470 jenis dan bisa dimasukkan dalam ramuan obat tradisional. Tanaman yang ada di sini sudah dikaji,” katanya.

Menurut keterangan Perhimpunan Dokter Herbal Indonesia, saat ini sudah 18 tanaman yang diuji dan lolos sertifikasi untuk menjadi tanaman obat.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s