Berjemur Pakai Sunbed Bisa Mematikan

PERINGATAN akan bahaya radiasi penggunaan sunbed atau pembaringan berkanopi khusus yang memancarkan ultraviolet kembali disuarakan.

Seperti dilaporkan BBC pada Senin (6/4) kemarin, para ahli mengingatkan bahwa mayoritas para pengguna sunbed secara signifikan mengalami peningkatan risiko terkena kanker kulit yang mematikan.

Sebuah riset mengindikasikan bahwa orang yang biasa menggunakan sunbed sejak usia 35 mengalami peningkatan risiko mengidap melanoma ganas hingga 75 persen.  Penelitian yang digagas Badan Riset Kanker Inggris yang melibatkan 4.000 partisipan juga mengungkapkan bahwa 82 persen pengguna sunbed di negara itu masuk dalam kategori pengidap melanoma ganas.   Riset itu juga mengungkapkan, satu dari tiga orang wanita dan satu dari empat pria pernah menggunakan sunbed untuk mengubah kulit mereka.

Selama ini memang masih berkembang anggapan keliru bahwa sunbed menawarkan cara yang aman agar kulit menjadi tampak lebih gelap.    Tetapi
pada kenyataannya, intensitas dan radiasi sinar ultraviolet (UV) dari sunbed bisa mencapai 15 kali lebih tinggi dari pada sinar matahari asli di siang bolong.

Kulit yang terpapar radiasi UV secara berulang kali dapat merusak DNA pada sel-sel kulit, sehingga pada akhirnya meningkatkan risiko kanker kulit serta membuat kulit mengalami penuaan terlalu cepat.

Melanoma ganas kini tercatat sebagai jenis kanker yang paling banyak diderita para remaja berusia 15 hingga 34 tahun dan kelainan ini bisa menjadi sangat fatal.

Di Inggris saja, hampir 9000 kasus melanoma parah ditemukan setiap tahun dan lebih dari 1800 kasus di antaranya berakhir dengan kematian.  Kebanyakan wanita didiagnosa mengidap melanoma, namuan kasus kematian lebih banyak ditemukan pada pria.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s