Pasien Kanker Payudara Perlu Vitamin D

Mayoritas pasien kanker payudara memiliki kadar vitamin D yang rendah. Hal ini bisa menyebabkan tulang menjadi rapuh dan beresiko patah tulang. Selain itu, defisiensi vitamin D juga mempercepat perburukan penyakit kanker.

“Vitamin D sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan umumnya kepadatan tulang wanita dengan kanker payudara lebih rendah sebagai efek samping terapi hormon dan kemoterapi,” kata luke Peppone, asisten profesor di bidang radiasi onkologi dari University of Rochester Medical Center.

Peppone dan timnya meneliti 166 perempuan yang sedang menjalani terapi penyembuhan kanker payudara. Para peneliti menemukan bahwa hampir 70 persen pasien memiliki kadar vitamin D yang rendah dalam darah. Kadar vitamin D para responden penelitian rata-rata 27 nanogram per mililiter darah. Berdasarkan Institute of Medicine Amerika, level yang  mencukupi adalah 32 nanogram per mililiter.

Oleh karena itu para peneliti menyarankan agar para pasien mengonsumsi suplemen vitamin D dosis tinggi untuk meningkatkan kadar vitamin D. Selain untuk kesehatan tulang, vitamin D juga memegang peran yang vital dalam pertumbuhan sel dan menjaga agar sistem imun tetap kuat.

Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari Kanada juga menunjukkan pasien kanker payudara yang memiliki kadar vitamin D yang cukup tidak mengalami penyebaran tumor jika dibandingkan dengan pasien yang mengalami defisiensi vitamin D.

Selain dari suplemen, vitamin D bisa didapatkan dari makanan yang mengandung kalsium serta paparan sinar matahari. <!–/ halaman berikutnya–>

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s