Segar dengan Herbal

Norin (30) duduk santai membaca majalah wanita di pangkuannya. Senyum terpancar di wajahnya yang terlihat segar. Perempuan asal Malaysia yang sedang berlibur di Kota Solo ini baru saja menyelesaikan ritual favoritnya, perawatan tubuh spa, mulai dari pijat, lulur, scrub, mandi rempah, ratus, hingga perawatan tangan dan kaki.

Di Kuala Lumpur (KL), ia biasa dengan perawatan serupa. Namun yang dialaminya di Solo terasa lebih mantap dan mengesankan. “Pijatnya sedap sekali. Di KL ada juga mandi rempah dengan herbal tradisional, tetapi di sini lebih bagus,” kata Norin, ditemui di Martha Tilaar Salon Day Spa, Solo, Jumat (2/4). “Untuk orang yang bekerja keras perlu spa agar bisa release stress,” katanya.

Santi (40) juga menyukai perawatan tubuh dan wajah dengan bahan herbal tradisional. Pilihannya adalah pijat, lulur, dan ratus dengan bahan herbal di pusat perawatan kecantikan dan kesehatan “Kebugaran Solo” di Karangasem, Solo. “Saya lebih suka yang tradisional dari tumbuh-tumbuhan, selain back to nature juga lebih mantap,” kata Santi.

Bahkan, ia juga minum jamu seperti beras kencur, kunyit asem, dan rebusan daun sirih yang dibuatnya sendiri. Namun, untuk pengobatan penyakit serius, ia mengaku tidak memilih herbal sebagai alternatif. “Saya perawatan dengan herbal tradisional karena bikin badan dan muka segar, aliran darah lancar, dan hati semangat,” kata Santi.

Beberapa tahun terakhir, animo terhadap herbal tradisional sebagai bahan perawatan tubuh dan kecantikan meningkat. Herbal tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan tetapi juga untuk perawatan kecantikan.

Dian dan Monique Guinaz, pemilik waralaba Martha Tilaar Salon Day Spa, Solo, mengatakan, pelanggannya paling senang dengan paket spa jahe. Jahe berkhasiat membersihkan dan mengencangkan kulit, menambah nutrisi penting kulit, mengurangi kepenatan, serta menambah semangat dan efek hangat yang memberi kenyamanan optimal.

Di “Kebugaran Solo”, bahan mandi rempahnya bahkan masih berupa potongan atau irisan besar rempah dan herbal lainnya yang telah dikeringkan, seperti jahe, secang, daun pandan, jeruk purut kering, akar wangi, sereh, dan lain-lain. Paket herbal ini juga dapat dijumpai di Pasar Gede, Solo. “Dulu sebagian bahan diracik sendiri oleh pemilik usaha ini,” kata Juwita, terapis dari Kebugaran Solo.

Resep herbal dan rempah-rempah sebagai perawatan kecantikan dan tubuh telah dikenal sejak masa keraton yang diwariskan secara turun-temurun hingga sekarang, seperti masker wajah dan tubuh serta rempah mandi yang diracik, antara lain dari mawar, kayu cendana, pulosari, temulawak, lerak, bunga pala, kapulaga, kayu manis, dan cengkeh.

Tradisi menjaga kecantikan dan tubuh dengan ramuan tradisional yang disatukan dengan spa kini tumbuh menjadi gaya hidup terutama di kalangan perempuan. Empat tahun terakhir, menurut Dian, terjadi pertumbuhan pesat tempat kecantikan yang menawarkan spa dengan ramuan bahan tradisional. Hal ini menguntungkan bagi eksistensi rempah dan herbal sebagai ramuan tradisional pusaka nenek moyang kita.

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s