Dokter akan Lakukan CRT, Meski Berisiko Akibatkan Gagal Jantung

Tim dokter yang menangani pengobatan Mantan Presiden Soeharto akan melakukan tindakan CRT (Cardiac Resynchronization Therapy), dengan sejumlah syarat yang tengah diupayakan untuk dipenuhi. “CRT ini sebuah teknik untuk memacu jantung kanan dan kiri agar mempunyai pergerakan yang sama maka harus disinkronkan,” kata dr. Ismoyo Sunu, ahli jantung RS Harapan Kita, di Aula RSPP, Selasa (8/1).

Namun, jika kondisi Soeharto tetap tidak stabil, maka tindakan CRT ini mempunyai risiko mengakibatkan terjadinya gagal jantung. Hal ini dikatakan anggota tim dokter lainnya, dr. Hermansyur, ahli bedah dari RS Pondok Indah, Jakarta. “Pokoknya harus capai kondisi optimal, bukan maksimal ya. Kita sedang coba agar Hb mencapai 10 gram persen. Karena tindakan ini akan memasukkan sebuah alat sehingga ada risiko terjadi gagal jantung kalau Hb nya bertambah rendah,” jelas Hermansyur.

Jika kondisi optimal dapat tercapai, dokter pun masih mempertimbangkan faktor-faktor lain untuk menentukan saat yang tepat pemasangan alat tersebut. Ditegaskannya pula, bahwa hingga hari ini kesadaran Soeharto dalam keadaan baik, dan mampu menunjukkan reaksi jika dilakukan kontak komunikasi.

Sementara itu, ahli jantung dr. Juniarti Hatta memaparkan, penurunan sejumlah organ tubuh Soeharto menunjukkan kondisi yang mengarah ke organ failure (kegagalan fungsi sejumlah organ tubuh). “Sekarang sudah menuju ke arah organ failure, fungsi ginjal menurun kita lakukan CVVHD, untung paru-parunya masih bagus, jadi masih bisa bernapas. Jantung salah satunya harus kita kerjakan dengan CRT itu,” ujar Juniarti.

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s