Kucing Sehatkan Jantung Anda

WASHINGTON, SABTU – Ingin terhindar dari risiko penyakit jantung atau pembuluh darah? Cobalah menjadikan seekor kucing lucu sebagai sahabat di rumah Anda.

Menurut sebuah riset yang dipublikasikan di Amerika Serikat, hobi memelihara binatang piaraan seperti kucing ternyata mendatangkan manfaat besar, khususnya dalam menekan risiko mengidap penyakit jantung. Ini  terjadi karena cinta serta kasih sayang yang ditunjukkan seekor kucing kepada Anda mampu meredam stres dengan cara luar biasa.

Temuan unik ini terungkap melalui sebuah penelitian jangka panjang yang dilakukan para ahli di Universitas Minnesota,  Minneapolis. Riset dilakukan dengan cara menganalisis data kesehatan sekitar 4.400 partisipan berusia 30 hingga 75 tahun yang terlibat dalam National Health and Nutrition Examination Study mulai 1976 hingga 1980.

Dari data penelitian terungkap bahwa 2.435 partisipan atau sekitar 50% memiliki atau pernah memilihara seekor kucing di rumah. Sedangkan separuh lainnya tercatat tidak pernah memiliki atau pun memelihara kucing.

Para  ahli kemudian menelusuri angka rata-rata kematian para partisipan dari berbagai penyebab, termasuk penyakit jantung dan stroke.  Dari hasil analisis setelah 10 tahun pemantauan terungkap bahwa partisipan yang tidak pernah menjadikan kucing sebagai piaraan tercatat memiliki risiko serangan jantung  40% lebih besar dibandingkan mereka yang ditemani kucing di rumahnya.

“Efek magnitude  yakni 30 persen penurunan risiko serangan jantung pada mereka yang memiliki kucing sedikit mengejutkan.  Kami sebenarnya tidak mengharapkan sebuah pengaruh, sebab kami berpikir adanya sebuah mekanisme biologis yang masuk akal. Namun magnitude dari efek ini sulit untuk diprediksi,” ujar pimpinan peneliti Dr Adnan Qureshi, direktur eksekutif Minnesota Stroke Institute di Universitas Minnesota.

“Selama bertahun-tahun, kita mengetahui bahwa stres psikologis dan kecemasan berhubungan dengan kasus penyakit kardiovaskuler, khususnya  serangan jantung,” tambahnya.

Menurutnya Qureshi, riset ini telah memperlihatkan hadirnya manfaat dari memelihara binatang dalam meredam faktor risiko penyakit jantung. Riset yang dilakukan Qureshi beserta timnya ini dipresentasikan dalam  International Stroke Conference 2008 yang digelar oleh American Stroke Association di New Orleans.

Salah satu catatan penting dari penelitian ini adalah bahwa bintang piaraan lain seperti anjing tidak menunjukkan manfaat signifikan dalam menekan risiko terjadinya serangan jantung.  Menurut Qureshi hal ini mungkin disebabkan karena secara statistik jumlah pemilik anjing  sangat sedikit dalam penelitian ini.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s