Manfaat daun2 asal Indonesia

2.Purwoceng

Deskripsi :

Purwoceng adalah tanaman legendaris yang dijadikan obat kuat oleh para raja atau kalangan istana di daerah Jawa. Nama ilmiahnya adalah Pimpinella alpina Kds. Tumbuhan ini biasanya ditemukan hidup pada ketinggian 2000 meter d.p.l. Wujudnya adalah semak kecil merambat di atas permukaan tanah seperti tumbuhan pegagan dan semanggi gunung. Daunnya kecil-kecil berwarna hijau kemerahan dengan diameter 1-3 cm. Dari berbagai penelitian yang dilakukan di dalam negeri dapat disimpulkan bahwa ada efek nyata dari tanaman purwoceng terhadap peningkatan kemampuan seksual

Herbal purwoceng dengan komposisi daun purwoceng, pasak bumi dan biji pronojiwo, insyaAllah berkhasiat sebagai penambah gairah sexual (libido), penambah hormon testoteron, pemulih stamina, penurun panas (anti piretik), anti fungi dan anti bakteri.

3.Temulawak

Deskripsi :

Herbal khas yang mudah diperoleh di Indonesia ini mempunyai fungsi sebagai hepatoprotektor (melindungi hati) dari berbagai penyakit yang menyerang lever, di antaranya hepatitis. Temulawak disebut dengan Curcuma xanthorriza. Roxb. Termasuk ke dalam famili tumbuhan Zingiberaceae. Memiliki efek farmakologi di antaranya anti sembelit, acne vulgaris, anti inflamasi, dan anti hepatotoksid, pelancar ASI, tonikum, peluruh air seni, anti jamur dan menghambat bakteri.

Kandungan dan manfaat:
Tumbuhan ini kaya dengan minyak menguap, fellandren dan turmerol, kurkumin, zat tepung, kamfer, glikosida, toluyl metil karbinol dan 1siklosoprenmyrsen. Menurut penelitian tanaman ini dapat menjadi obat penyakit: maag, bau haid, sembelit, kurang ASI, asthma, cacar air, sariawan, bau badan, anti jerawat, hepatitis, dan penyakit kandung empedu.

4.Sirih merah

Deskripsi :

Sirih merah adalah jenis sirih-sirihan yang sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tanaman ini sudah sejak lama dikenal di lingkungan terbatas Kraton guna dijadikan bahan obat ampuh untuk raja-raja dan keluarganya serta para anggota kraton lainnya. Berbagai penyakit kronis banyak disembuhkan dengan pengobatan sirih merah ini, insya Allah. Sirih merah kini hadir tidak hanya sebagai tanaman hias, tapi juga tanaman obat tradisional penderita kencing manis (diabetes mellitus – DM).

Masyarakat Sleman, Yogyakarta khususnya, telah memanfaatkan khasiat daun sirih merah ini turun temurun. Secara empiris, selain kencing manis, daun sirih merah sering dimanfaatkan sebagai obat alternatif ambeien, peradangan, kanker, asam urat, hipertensi (darah tingi), hepatitis, kelelahan dan maag.

Senyawa fitokimia yang terkandung dalam daun sirih merah yakni alkoloid, saponin, tanin, dan flavonoid. Menurut Ivorra, M.D dalam buku “A Review of Natural Product and Plants as Potensial Antidiabetic,” senyawa
aktif alkoloid dan flavonoid memiliki aktivitas hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah. Hara (1993) menyatakan senyawa tanin dan saponin dapat dipakai sebagai antimikroba (bakteri dan virus).

Ciri khas tanaman tropis ini,berbatang bulat hijau keunguan dan tidak berbunga. Daunnya bertangkai membentuk jantung hati dan bagian atasnya meruncing. Permukaan daun mengkilap dan tidak merata. Seperti sirih hijau, tanaman sirih merah juga tumbuh merambat di pagar atau pohon. Daunnya berasa pahit getar, namun beraroma lebih wangi dibanding sirih hijau. Bila disobek, daun sirih merah akan berlendir.
Tanaman sirih merah menyukai tempat teduh, berhawa sejuk dan sinar matahari 60-75 persen. Tanaman sirih merah tumbuh subur dan bagus di daerah pegunungan. Bila tumbuh pada daerah panas, sinar matahari langsung, batangnya cepat mengering. Selain itu, warna merah daunnya akan pudar. Padahal kemungkinan khasiatnya terletak pada senyawa kimia yang terkandung dalam warna merah daunnya.

Sirih Merah adalah tanaman obat yang sangat manjur untuk menyembuhkan penyakit Diabetes, Ginjal, Hepatitis, TBC, Keputihan, Berbagai Peradangan organ tubuh.

5.Tapak dara

Deskripsi :

Herbal tapak dara (Catharantus roseus) mempunyai kandungan kimia yang sangat banyak, bahkan tercatat lebih dari 70 macam alkaloid yang terdapat pada akar, batang, daun dan biji. Pada tapak dara terdapat juga alkaloid sebagai antikanker. Tanaman tapak dara mempunyai sifat sebagai antikanker, sitostatika, hipotensif, penenang, menyejukkan darah, menghentikan pendarahan.
Khasiat:
mengobati kanker, acute lymphocytic leukimia, hipertensi, kencing manis dan pendarahan akibat penurunan jumlah leukosit.

6.Temu ireng

Deskripsi :

Temu ireng (Curcuma aeroginosa) seringkali digunakan oleh ibu pasca melahirkan sebagai penambah stamina. Khasiat temu ireng sebenarnya banyak di antaranya sebagai pembersih darah dan mencegah tumor. Tanaman ini mempunyai kandungan kimia yang bermanfaat seperti zat pati, damar, lemak, curenmin, dan minyak atsiri. Sifat, efek, dan khasiatnya di antaranya sebagai antiradang, antibakteri, pembersih darah, antikoagulan, antineoplatik (antikanker), tonic, pelindung hati (hepatoprotektor) dan antibiotik.

Khasiat:
Mengobati gangguan lever, gangguan haid, terlambat bulan, rematik, bersih darah dan untuk stamina ibu sehabis melahirkan.

7.Songgolangit

Deskripsi :

Herbal songgolangit memiliki nama latin Tridax procumbens. Ia dikenal sebagai gulma yang masuk anggota keluarga suku Asteraceae, mudah ditemukan di berbagai daerah di pulau Jawa. Para ahli pengobatan tradisional kerap menggunakan songgolangit sebagai campuran obat.

Songgolangit diketahui terdapat 3 zat aktif :
- Flavonoid tanin: bersifat menyejukkan dan menghilangkan rasa nyeri rematik pada tulang pinggang
- Saponin tanin: berguna sebagai anti radang, antibiotik, peluruh kencing, pereda sakit, dan penurun asam urat.
- Flavonoid saponin : bersifat analgesik.

Kegunaan:
- Menghilangkan rasa nyeri rhematik pada tulang dan pinggang
- Menurunkan kadar asam urat
- Peluruh kencing
- Penghilang rasa sakit
- Anti radang
- Antibiotik

8.Sarang semut

Deskripsi :

Sarang semut ( Myrmecodia pendens) merupakan salah satu tumbuhan epifit dari hydnophytinae (Rubiaceae) yang dapat bersimbiosis dengan semut dan dikatakan bersifat epifit karena tumbuhan ini menempel pada tumbuhan lain tetapi tidak hidup secara parasit pada inangnya sehingga hanya sebagai termpat menempel saja.

Kandungan dan Manfaat:
Secara tradisi, sarang semut biasa digunakan sebagai tanaman obat oleh masyarakat pedalaman di bagian barat Wamena, Papua. Suku-suku di Bogondini dan Tolikara lazim memanfaatkannya untuk mengatasi rematik dan asam urat. Sarang semut mengandung flavonoid dan tanin. Flavonoid berfungsi sebagai antioksidan, yang bisa mencegah sekaligus mengatasi serangan kanker. Mekanisme kerja flavonoid dalam mengatasi kanker dengan membuat karsinogen tidak aktif, penghambat siklus sel, dan induksi apoptosis. Di samping itu, juga mengandung tokoferol. Tokoferol mirip vitamin E, yang berefek antioksidan efektif. Tokoferol berfungsi sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas dan sebagai antikanker.

Dilihat dari kandungannya, maka sarang semut, menurut penelitian, hampir bisa mengatasi berbagai jenis kanker.
Demikian juga sarang semut bisa digunakan untuk mengobati penyakit jantung dan kebocoran jantung. Khasiat sarang semut mengatasi jantung bocor diperkirakan akibat kendungan sarang semut yang kaya mineral. Sarang semut mengandung 0,37 g kalsium, 68,58 mg natrium, dan 3,61 g kalium per 100 g. Dalam metabolisme tubuh, kalsium dan natrium berperan memberbaiki kerja jantung dan impuls saraf. Sedangkan kalium berperan mengatur ritme jantung. Jika kebocoran jantung disebabkan infeksi kuman, maka senyawa yang berperan mengatasinya adalah flavonoid. Dalam banyak kasus flavonoid berperan langsung sebagai antibiotik dengan mengganggu fungsi mikroorganisme seperti bakteri atau virus. Senyawa flavonoid terkandung dalam serbuk maupun ekstrak air sarang semut.

Sarang semut bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

9.Rumput mutiara

Deskripsi :

Rumput mutiara punya nama latin Hedyotis corymosa L. Lamk. Nama lainnya adalah bunga telor, rumput siku-siku, katepan, urek-urek polo dan pengka. Tanaman ini bersifat menghilangkan panas dan toksik (racun), antiradang, diuretik (peluruh air seni), menyembuhkan bisul dan mengaktifkan sirkulasi darah.

Kandungan dan manfaat:
Tanaman ini mengandung hentriacontane, stigmasterol, ursolic acid, flavonoid glycossides dan asam oleat. Anggota famili rubiaceae ini bersifat manis, sedikit pahit, lembut netral dan agak dingin. Seluruh tanaman bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi beragam penyakit di antaranya: radang usus buntu, sumbatan saluran sperma, kanker lymphosarcoma, kanker lambung, kanker servics, kanker payudara, kanker rectum, kanker nasofaring. Bisa digunakan untuk mencuci bagian tubuh yang tersiram air panas (tanaman segarnya). Dapat digunakan untuk mengobati penyakit hepatitis, choleytitis, radang panggul, infeksi saluran kemih,bronkitis, pneumonia, gondongan,tonsilitis dan paringitis.

Khasiat :
Mengobati kanker, peradangan saluran pernapasan, pneumonia, gondongan, hepatitis, infeksi saluran kemih.

10.Sambiloto

Deskripsi :

Nama ilmiah sambiloto adalah Andrographis paniculata. Termasuk ke dalam famili tumbuhan Acantaceae. Nama daerahnya papaitan. Tumbuhan ini memiliki berbagai sifat yang bermanfaat bagi manusia. Di antaranya, sebagai antipiretik (menurunkan panas / panas dalam), anti racun, anti radang, dan anti bengkak. Obat ini merusak sel trophocyt dan trophoblast, berperan dalam kondensasi cytoplasma dari sel tumor, piknosis dan menghancurkan inti selnya. Tumbuhan ini efektif untuk infeksi dan merangsang phagositosis. Mempunyai efek hipoglemik, hipotermian, diuretic,antibakteri dan analgesic.

Kandungan dan Manfaat :
Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan zat yang berguna bagi kesehatan manusia. Di antaranya laktone dari cabang dan daun berupa deoxy andrographolide, neoandrographolide, 14 deoxy-11, 12 didehydroandrographolide dan hormoandrographolide. Flavonoid dari akar berupa polymethoxyflavone, andrographin, panicolin, kalium, kalsium, natrium, dan asam kersik. Andro grapholida sekurang-kurangnya 1 %, -kalmegin, zat amorf, dan hablur kuning, pahit sampai sangat pahit. Berdasarkan berbagai literatur hasil penelitian dan pengalaman dari berbagai daerah dan negara, tumbuhan ini dapat mengobati penyakit typus abdominalis, disentri basiler, diare, flu, sakit kepala, demam, panas, radang paru, radang saluran napas, TBC paru, batuk rejan, darah tinggi, infeksi mulut, amandel, radang tenggorokan, kencing manis, kencing nanah (gonorhoea), kolesterol dan asam urat, demam.
Inilah Kapsul herbal dengan komposisi daun sambiloto 100%.

Kegunaan :
Anti radang (anti inflamasi), anti infeksi (anti biotik), merangsang daya tahan sel darah putih sehingga efektif mengobati infeksi, anti racun (detoxikasi), dll.

11.Pronojiwo

Deskripsi :

Nama latinnya adalah Sterculia javanica. Tanaman perdu dengan buah polong dan biji membuat tanaman ini sering disebut pranajiwa saja. Tanaman ini dikenal sebagai obat penguat tubuh terutama untuk lemah syahwat. Penelitian di laboratorium yang menguji efek aphrodisiak ekstrak biji pronojiwo manis menunjukkan bahwa tanaman ini dapat memberikan efek aphrodisiak pada hewan uji.

12.Pegagan

Deskripsi :

Pegagan atau Centella asiatica L. termasuk ke dalam famili tumbuhan Umbelliferae atau Apiaceae. Dikenal sebagai rumput kaki kuda, antanan gede, panegowang atau kisu-kisu. Pegagan dikenal aman dan efektif untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tumbuhan ini bersifat Antiinfeksi, anti racun, penurun panas (antipiretik), peluruh air seni, anti lepra, anti sifilis sekaligus merevitalisasi sel kulit. Merevitalisasi sel tubuh dan kesuburan wanita. Memperbaiki sirkulasi dengan merevitalisasi pembuluh darah.

Pegagan mengandung beberapa senyawa saponin, termasuk asiaticoside, asam asiatat, madecassoside, thankuside, isothankuside, brahmoiside, brahmic acid, triterpen acid, madasiatic acid, mesoinosetol, centellose, carotenoids, garam K, Na, Ca, Fe, Fosfor, Vellarine, tannin, mucilage, resin, pektin, gula, vitamin B, minyak lemak, kalsium oksalat, amygdalin.

Kegunaan:
* Meningkatkan daya ingat
* Membuat awet muda
* Menurunkan gejala stress
* Meningkatkan stamina
* Mencegah kepikunan
* Melancarkan peredaran darah
* Mengobati darah tinggi
* Cocok untuk penderita gangguan ginjal dan lain-lain.

13.Patikan kebo

Deskripsi :

Patikan kebo yang punya nama latin Euphorbia Hirta L. termasuk dalam familia tumbuhan Euphorbiaceae. Herbal ini biasa ditemukan di kebun, pinggir sawah, lapangan bahkan pekarangan rumah. Orang tua jaman dulu menggunakan getah tumbuhan ini untuk mengobati penyakit mata yang merah karena belekan atau glaukoma. Namun, khasiat tumbuhan ini tidak terbatas itu. Patikan kebo mempunyai sifat anti inflamasi (anti radang), diuretic (peluruh kencing) dan anti pruritic (menghilangkan gatal).

Kandungan dan Manfaat :
Kandungan kimiawi yang sudah diketahui dari patikan kebo antara lain, taraxerol, friedlin, betha amyrin, betasitosterol, beta eufol, euforbol, triterpenoid, tirukalol, eufosterol, hentriacontane, flavonoid, tanin, elagic acid. Dan berdasarkan catatan hasil penelitian dan pengalaman di berbagai daerah dan penyakit negara, tanaman ini dapat mengobati disentri, melancarkan kencing, mengobati asbes paru, bronchitis kronis, asbes payudara, typus abdomenalis, radang ginjal, radang tenggorokan, astma, dan radang kelenjar susu atau payudara bengkak.

Khasiat :
Asbes paru, bronchitis, thypus abdominalis, radang ginjal, melancarkan kencing dan mengobati asma.

14.Pasak bumi

Deskripsi :

Penamaan pasak bumi (Eurycoma longifolia) memang cocok dengan bentuk dari akar tanaman ini yang mirip seperti kayu atau paku dari kayu yang menancap lurus ke bumi. Tanaman ini banyak ditemukan tumbuh di Kalimantan, Sumatra, dan Irian. Di Malaysia yang berbatasan dengan Kalimantan Utara, tanaman ini juga ditemukan dan lebih dikenal dengan nama tongkat Ali.

Tanaman ini dikenal sejak lama sebagai obat kuat laki-laki. Ini sebenarnya terkait dengan efek androgenik batang pasak bumi. Efek androgenik berarti efek dari peningkatan hormon androgen yaitu hormon yang berfungsi faal untuk pananda dan pengatur pada susunan syaraf pusat sehingga tercipta tingkah laku, sifat pubertas dan karakter seks.

Khasiat:
meningkatkan kemampuan seksual dan mengatasi impotensi

15.Meniran

Deskripsi :

Nama latinnya adalah Phyllanthus urinaria, atau Phyllanthus niruri. Masuk dalam famili tumbuhan Euphorbiaceae. Tumbuhan ini sangat mudah tumbuh di sekitar pekarangan rumah.

Memiliki efek farmakologis astringent, diuretikum (peluruh air seni), anti piretik (penurun panas), peluruh batu, anti hepatotoksik. Meniran mempunyai kandungan kimia berupa Filantin, hipofilantin, kalium, damar, tanin, flavonoid, alkaloid, triperpenoid, asam lemak dan vitamin C. Kapsul Herbal dengan komposisi daun meniran 100%.
Khasiat:
sebagai imunostimulan (merangsang sel imun bekerja lebih efektif), anti bakteri atau anti biotik, antihepatotoksik (melindungi hati dari racun), anti piretik, hipoglikemik (menurunkan kadar glukosa darah), ekspektoran (peluruh dahak), dll.

16.Lingzhi

Deskripsi :

Khasiat jamur lingzhi (Ganoderma lucidum) telah dibuktikan selama puluhan bahkan ratusan tahun. Jamur ini sudah digunakan semenjak 4743 tahun yang lalu di negeri Cina. Khasiatnya bisa dibilang luar biasa. Ini tak lain karena jamur ini mengandung senyawa germanium organik yang sangat tinggi. Lebih tinggi dibandingkan yang terdapat pada gingseng. Zat lain yang menonjol adalah berbagai jenis polisakarida yang berkhasiat obat. Selain itu ada juga Adenosin, triterpenoid, dan asam ganoderik yang juga berkhasiat obat. Sinergi berbagai kandungan alami dalam jamur lingzhi inilah yang memberikan efek pengobatan yang luar biasa.

Khasiat:
Memperlambat pertumbuhan sel kanker dan tumor, mengatasi insomnia, memiliki efek terapi pada hepatitis kronis, meningkatkan imunitas.

17.Kumis kucing

Deskripsi :

Tanaman kumis kucing (Orthosiphon aristatus) sejak lama dikenal dan digunakan sebagai obat untuk berbagai penyakit yang terkait dengan saluran kencing. Tanaman ini mempunyai rasa sedikit pahit, agak asin, sepet dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam kumis kucing antara lain zat samak, minyak atsiri, orthosiphonglikosida, minyak lemak, saponin, sapofonin, garam kalium, dan myoinositol.

Sedangkan efek farmakologis yang dimiliki oleh kumis kucing di antaranya antiradang, peluruh air seni dan penghancur batu saluran kencing.

Khasiat:
membantu mengobati penyakit yang terkait dengan saluran kencing seperti bengkak kandung kemih, infeksi kandung kemih, batu dalam kandung kemih, infeksi saluran kencing, sering kecing tidak tuntas (anyang-anyangen), keputihan, sakit kencing batu, batu kantung empedu.

Khasiat:
Mengobati infeksi kandung kemih, kencing batu, batu kantong empedu, menghilangkan panas dan lembab serta masuk angin, infeksi saluran kemih.
Perbanyaklah minum air putih selama mengonsumsi obat herbal ini.

18.Komfrey

Deskripsi :

Skompering, kompri atau gomfri adalah nama daerah dari tanaman ini. Nama latinnya, Symphtum officinale L. Efek farmakologis dari tumbuhan ini, adalah memperlancar peredaran darah, mempercepat pemulihan jaringan tubuh yang rusak, dan mencegah peradangan dan menormalkan tensi. Dalam farmakologi China, tumbuhan ini disebut memiliki sifat dingin agak sedikit pahit.

Kandungan dan Manfaat:
Tumbuhan ini memiliki banyak manfaat dalam pengobatan, sesuai informasi dari berbagai literatur yang mencatat hasil penelitian dan pengalaman secara turun temurun dari berbagai negara dan daerah. Di antaranya, komfrey berfungsi menormalkan tekanan darah. Bila tekanan darahnya rendah, makan tumbuhan ini akan menaikkannya hingga normal. Sebaliknya bila tekanan darah tinggi maka akan menurunkannya. Tumbuhan ini juga berfungsi menurunkan penyakit kolesterol tinggi. Demikian juga bermanfaat mengobati penyakit diabetes melitus. Mereka yang menderita Hb rendah, bisa pula diatasi dengan mengkonsumsi herbal ini. Penyakit lain yang diinformasikan bisa diobati dengan herbal ini adalah pneumonia, batu ginjal, ambeien, kemandulan pada wanita, astma, gangguan empedu, diare, anaemia, reumatik, gangguan pencernaan, tumor dan kanker, patah tulang, luka dan alergi kulit.

Khasiat:
- Menormalkan tekanan darah tinggi
- Menurunkan penyakit kolesterol
- Mengobati penyakti diabetes melitus
- Mengobati pneumonia, batu ginjal, ambeien, kemandulan pada wanita, asma, gangguan empedu, diare, anemia, reumatik, gangguan pencernaan, tumor dan kanker, patah tulang, luka dan alergi kulit, mengatasi Hb rendah.

19.Keladi tikus

Deskripsi :

Tumbuhan keladi tikus mempunyai nama latin Typhonium flagelliforme (Lodd). Termasuk yang punya nama asing rudent tuber ini, telah digunakan oleh penduduk negeri tetangga kita, Malaysia, sebagai obat penyakit kanker. Hasil penelitian dari berbagai lembaga dan perguruan tinggi di Malaysia dan beberapa negara menunjukkan bahwa sari tanaman (juice) ini dapat menghancurkan sel kanker. Secara umum hasil penelitian menunjukkan efek membunuh/menghambat pertumbuhan sel kanker, menghilangkan efek buruk khemoterapi dan bersifat anti virus dan anti bakteri.

Kandungan kimiawi tanaman ini belum banyak diketahui atau belum dipublikasikan. Namun berdasarkan literatur yang mencatat hasil penelitian dan pengalaman secara turun temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit kanker payudara, paru-paru, usus besar, rectum, lever, prostat, ginjal, leher rahim, tenggorokan, tulang, otak, limpa, leukimia, empedu dan pankreas. Dan berdasarkan informasi pengalaman dari pemakai, herbal ini bisa digunakan untuk menetralisir racun narkoba.

Khasiat :
Mengatasi penyakit kanker dan Tumor.

Notes:
Wanita hamil dilarang minum obat ini.
Setelah operasi tidak boleh langsung minum keladi tikus, tunggu 2 minggu.
Dua hari pertama setelah minum mungkin akan mual, sedikti diare, kotoran hitam, dan lesu. Kadang-kadang muntah atau mual sesudah lama minum keladi tikus, hentikan dulu atau kurangi.

20.Jombang

Deskripsi :

Nama latinnya adalah Taraxacum mongolicum Hand-Mazz atatu Taraxacum Weber et Wiger. Termasuk ke dalam famili tumbuhan compositae atau asteraceae. Nama asingnya dandellon, dan nama daerahnya jombang. Tumbuhan ini bermanfaat untuk pengobatan karena mempunyai sifat antibiotik, anti radang, menghilangkan panas dan racun. Akar tumbuhan ini bersifat diuretic (meluruhkan kencing), menghilangkan panas, penguat lambung, menambah nafsu makan, melancarkan ASI dan anti kanker.

Kandungan dan manfaat:
Tumbuhan ini mengandung zat taraxasterol, choline, inuline, pektin, coumestrol. Tidak sedikit penyakit yang dapat diobati dengan tanaman ini, di antaranya, radang atau asbes payudara, radang kandung empedu, sakit maag yang kronis, memperbaiki pencernaan dan memperbanyak ASI. Khasiat lain yang tak bisa disepelekan adalah ternyata tanaman ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit tumor pada sistem pencernaan (esofagus, lambung, usus, hati, pankreas), kanker payudara, paru-paru cervic uteri dan gusi.

Kontra indikasi:
Kadang pada sebagian orang setelah minum herbal ini mengalami alergi, mual, muntah, tidak enak perut dan diare ringan.

Khasiat:
Mengobati radang payudara, radang kandung empedu, tumor pada sistem pencernaan, kanker payudara, paru dan cervic, serta memperbanyak ASI.

21.Herba Pelangsing

Deskripsi :

Merupakan tanaman obat yang berfungsi menguruskan badan.

Ramuan terbaru diresepkan dari daun jati belanda (Guazoma umifolia), Kemuning (Murraya paniculata), dan kunci pepet (Kaempferia agustiafolia).

Sifat kimia dan efek farmakologis tanaman ini sebagai berikut :

22.JATI BELANDA (Guazoma ulmifollia)
Kandungan kimia:
- kulit: asam, damar, zat samak
- Tanaman/daun : zat pahit, glikose dan lemak.

Efek farmakologis : anti diare, astringen, dan menguruskan badan dengan cara melarutkan lemak.

23.KEMUNING (Murayya paniculata)
Kandungan kimia :
- Daun : cadinene, methylene, antharanilate, bisabolone, betha-carryophyllene, geraniol, carane 3, eugenol citronellol, methyl salicilate, s-quaiazulene, osthole paniculatin, coumurracyn.
- Kulit : mengandung mexotionin, 5-7-dimethoxy-8-(2,3-dihydroxyisopenthyl) coumerin. Bunga : scopoletin. – Buah : semi-alfa-carotenone.

Efek farmakologis : penenang, anti radang, menghilangkan bengkak, anti rematik, melancarkan peredaran darah, anti tiroid, mengaktifkan pembakaran lemak.

24.KUNCI PEPET (Kaempferia agustifolia)
Kandungan kimia : alkaloida, saponin, flavonoida, polifenil, dan minyak atsiri.

Efek farmakologis : astringen, anti diare, dan anti disentri, serta melarutkan lemak.

Khasiat umum :
untuk menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan berat badan.

Kontra indikasi :

Untuk meningkatkan efektifitas obat ini maka selama minum obat ini sebaiknya tidak :
* Minum pil KB, minum vitamin atau tanaman obat yang merangsang nafsu makan
* Makan makanan berlemak dan berminyak
* Makan melebihi kebutuhan tubuh
* Makan makanan kecil yang tidak perlu

26.Daun ungu

Deskripsi :

Tanaman daun wungu mempunyai kandungan kimia antara lain alkaloid non toksik,flavonoid, glikosid, steroid, saponin, tanin, calsium oksalat, asam format, dan lemak. Dengan berbagai kandungan kimiawinya ini daun wungu mempunyai sifat sebagai antiinflamasi, peluruh air seni, mempercepat pemasakan bisul, pencahar ringan, pelembut kulit kaki, melunakkan faeces dan mengempiskan wasir.

Berkhasiat :
- Mengatasi wasir
- Mengobati sembelit.

27.Daun Sendok

Deskripsi :

Apa Itu Daun Sendok?
Daun Sendok mempunyai nama ilmiah Plantago Mayor termasuk dalam famili Plantaginaceae. Termasuk tanaman yang mudah ditemukan di sekitar kita. Nama daerahnya daun urat, kuping menjangan, ki urat ceuli, sangkabuah, suri pandak dan torongoat. Bentuknya memang sederhana, namun memiliki khasiat yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sifat yang dimiliki oleh tumbuhan ini adalah: anti inflamasi (anti radang), diuretic (peluruh kencing), peluruh dahak, menghentikan batuk (antitusif), antiseptic, aphrisidiac (meningkatkan kemampuan seksual), memperbaiki penglihatan, dan menormalkan hati (lever).

Kandungan dan Manfaat
Daun sendok memiliki kandungan zat plantangin, aucubin, ursolic acid, bethasitosterol, hentriacontane, dan plantaglucide yang terdiri dari methyl d-galakturonate, D-3 galaktose, L-arabinose, dan L-rhammose. Juga mengandung tannin, kalium dan vitamin B1, C dan A. Kalium bersifat peluruh kencing dan melarutkan endapan kalsium yang terdapat dalam ginjal dan kandung kencing. Zat aktif aucubin selain bersifat melindungi hati (heparoprotektor) juga berkhasiat sebagai anti septik. Daun sendok berkhasiat mengobati penyakit infeksi saluran kencing, kencing berlemak, kencing berdarah, bengkak karena penyakit ginjal, batu empedu, batu ginjal, radang prostat, kencing sedikit. Mengobati influenza, batuk rejan, batuk sesak, batuk darah, radang saluran napas (bronchitis), keputihan, diare, disentri, nyeri lambung, dan hepatitis.

Khasiat:
Mengobati gangguan saluran kemih, disentri, gangguan mata, bronchitis, sakit kuning, obat kuat laki-laki

28.Daun Mimba

Deskripsi :

Mimba (Azadirachta indica) mempunyai rasa pahit dengan sifat netral. Beragam jenis penyakit bisa dibantu pengobatannya dengan menggunakan bagian tanaman ini. Meski demikian, penelitian juga menunjukkan bahwa mimba bersifat toksid sehingga orang yang mengonsumsi herbal ini harus mematuhi dosis yang telah ditetapkan. Beberapa kandungan kimia yang ada pada mimba di antaranya, azadirachtin, minyak gliserida, acetiloksifuranil-dekahidrotetrametil acid, ksosiklopentanatolfuran, asetat-keton dan heksahidro-hidroksitetrametil-fananenon (nimbol).

Khasiat:
mengobati kencing manis, malaria, kanker, lever dan jerawat.

29.Daun dewa

Deskripsi :

Nama ilmiahnya adalah Gynura segetum, termasuk tumbuhan compositae atau asteraceae. Nama daerahnya, beluntas China, daun dewa atau samsit. Tumbuhan ini memiliki sifat koagulan (mencairkan bekuan darah), menstimulasi sirkulasi, menghentikan pendarahan, menghilangkan panas, membersihkan racun, anti karsinogen, anti mutagenesis, diuretik (peluruh kencing).

Daun dewa memiliki kandungan zat yang berguna bagi kesehatan manusia. Di antaranya, saponin, minyak atsiri, flavonoid, tanin, vanilat polifenol, asam klorogenat, asam kalfeat, asam p-kumarat, asam p-hidroksi benzoat, alkaloid, triterpenoid dan sterol, vitamin K. Daun tumbuhan ini berguna untuk mengobati luka terpukul, melancarkan sirkulasi, menghentikan pendarahan (batuk darah, mimisan, muntah darah), pembengkakan payudara, infeksi kerongkongan, tidak datang haid, dan digigit binantang berbisa. Umbi tanaman ini berguna menghilangkan bekuan darah, pembengkakan, tulang patah (fraktur) dan pendarahan.
Khasiat:
- Melancarkan bekuan darah
- Menghentikan pendarahan pada wanita
- Menghilangkan panas
- Menghilangkan racun
- Mencegah dan mengobati stroke dan tumor.

30.Brotowali

Deskripsi :

Tanaman brotowali (Tinospora Crispa) telah lama digunakan oleh nenek moyang bangsa Indonesia untuk mengobati berbagai penyakit. Salah satunya adalah sebagai obat penyakit kencing manis dan pembersih darah. Tanaman brotowali memang cukup kaya dengan kandungan bahan kimia yang bermanfaat. Di antaranya alkaloid, damar lunak, pati, glikosida pikroretosid, zat pahit pikroretin, harsa, berberin, palmatin, kolumbin, dan kokulin. Dengan beragam kandungan tersebut brotowali mempunyai efek sebagai pelindung rasa sakit, antipiretik, melancarkan meredian dan antineoplastik. Sifat tanaman ini sejuk dengan rasa pahit sehingga tepat untuk mengobati sakit kencing manis.

Khasiat:
mengatasi rematik, demam kuning, demam dan kencing manis,

31.Beluntas

Deskripsi :

Beluntas (Pluchea indica), nama tumbuhan ini mungkin jarang kita dengar. Tapi, sebetulnya bentuk tanaman ini tidak seasing namanya. Jika kita perhatikan dengan seksama, hampir dapat dipastikan orang akan langsung mengenalnya sebagai tanaman yang sering terdapat di halaman rumah, karena sering digunakan sebagai tanaman pagar. Beluntas merupakan tanaman perdu tegak, berkayu, bercabang banyak, dengan tinggi bisa mencapai 2 meter.

Apa kandugan dan manfaatnya?
Secara tradisional daun beluntas digunakan sebagai obat untuk menghilangkan bau badan, obat turun panas, obat batuk, dan obat diare. Daun beluntas yang telah direbus sangat baik untuk mengobati sakit kulit. Penelitian yang dilakukan oleh Paini Sri Widyawati (2005) menunjukkan daun beluntas memiliki potensi sebagai antioksidan alami dan dapat menggantikan kedudukan TBHQ dan beta karoten sebagai antioksidan. Daun beluntas berpotensi juga untuk digunakan sebagai obat radang (inflamasi) dan obat diare karena kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan bakteri S. aureus dan E. coli.

Khasiat:
Menghilangkan pegal linu di badan dan menghilangkan bau badan.

32.Benalu teh

Deskripsi :

Benalu teh adalah pohon benalu yang tumbuh di pohon teh, menurut Prof. Sujiyo Pramono dari Fakultas Farmasi UGM, benalu secara umum mengandung obat, dan benalu teh terbukti berkhasiat melawan penyakit-penyakit kanker (payudara, rahim, kulit dan otak).

Sebagai obat tradisional, masyarakat di berbagai negara sebenarnya sudah lama memanfaatkan benalu untuk menyembuhkan beragam penyakit. Di antaranya benalu digunakan sebagai obat penyakit cacar air, cacar sapi, diare, cacing tambang, tumor dan kanker. Orang Cina juga memanfaatkan benalu untuk pengobatan kelainan hati dan merangsang pertumbuhan rambut.
Khasiat:
mengatasi peradangan kelenjar prostat, antibiotik, penghilang rasa sakit, antitoksid

33.Bee Pollen

Deskripsi :

Bee Pollen adalah tepung sari yang dikumpulkan oleh lebah dari beragam jenis bunga tetumbuhan. Wujudnya adalah butiran sangat kecil, diolah secara alami oleh lebah. Tepung sari ini tersimpan pada bagian semacam kantung yang beada di kedua kaki belakang lebah. Lebah mengkoleksinya dari arthea bunga jantan bercampur dengan nectar bunga dan liur lebah.

Kandungan nutrisi
Bee pollen mengandung ratusan elemen gizi yang penting bagi tubuh manusia dalam jumlah seimbang : 35% Protein
55% Carbohydrate
2% Fatty acids
3% mineral
dan vitamins (vitamin B complex, vitamin A, C, D, dan E)
Lechitin
Beta-Carotene
Selenium
Herbal bee pollen berkhasiat untuk memperlambat penuaan, menghaluskan kulit, memperlancar metabolisme tubuh, menstabilkan jantung, mengurangi kadar kolesterol, mengobati luka dalam (bekas operasi, sakit organ dalam), kesuburan bagi laki-laki dan wanita, mengobati asam urat, membantu pertumbuhan anak-anak, menguatkan kesehatan mental dan meningkatkan daya ingat, meningkatkan fungsi hati dan mengobati gangguan lambung, usus, diabetes, insomnia, pengerasan pembuluh darah, mencegah peradangan otak, sembelit, meningkatkan stamina dan fungsi jantung.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.